Bacalah teks bacaan dibawah ini!
33 Sekolah Dasar di Gunung Kidul
Ditutup
Pada tahun 2001 hingga sekarang, 33 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Gunung
Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena jumlah siswanya semakin
berkurang. Sekolah Dasar yang ditutup itu, kemudian digabung dengan SD yang
berdekatan. Sekolah dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian
menyusul 20 SD pada tahun 2002.
Penutupan sekolah dasar yang ada di
daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak tidak terurus.
Sejumlah gedung sekolah yang masih layak digunakan telah diminta oleh
pemerintah desa setempat untuk kegiatan masyarakat.
Dinas Pendidikan Gunungkidul tidak
berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat desa,
meskipun secara administrasi masih milik pemerintah kabupaten sehingga apabila
pemerintah desa akan menggunakan gedung tersebut harus melalui proses
perijinan. Adapun pemanfaatan
gedung-gedung bekas sekolah dasar tersebut, belum diputuskan oleh
pemerintah daerah setempat.
1.
Sekolah
dasar di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena ….
a.
jumlah
siswanya semakin berkurang
b.
sebagian besar
gedung sekolah rusak
c.
akan digunakan
oleh masyarakat desa
d.
gedung sekolah
tersebut tidak terurus
2.
Sekolah
dasar Gunung Kidul secara administrasi milik ….
a.
Masyarakat
Desa c. Pemerintah Kabupaten
b.
Pemerintah
Desa d. RT / RW setempat
3.
Pokok
pikiran dalam wacana tersebut
adalah ….
a.
Dinas
Pendidikan Gunung kidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk
kegiatan masyarkat
b.
Di Kabupaten
Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta banyak sekolah dasar yang ditutup.
c.
Penutupan
sekolah dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah
itu rusak
d. Sekolah
dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada
tahun 2002
4.
"Oh,
Kutilang, lama sekali aku merindukan suaramu …,” bisik Putri Intan. Bambam
sangat gembira. Ia mendekati Putri Intan sambil mengibas-ngibaskan ekornya.
Tokoh dari
kutipan Cerita diatas adalah ….
a.
Kutilang c. Putri Intan
b.
Putri Malu d. Merpati
5.
Riska tidak
pernah berbicara kasar terhadap siapa pun. Jika bertemu guru ia selalu memberi
salam. Riska selalu menolong teman-temannya.
Sifat Riska dalam cerita tersebut adalah
....
a.
Riska anak
yang manja
b.
Riska anak
yang baik dan ramah
c.
Riska suka
mencari muka
d.
Riska anak
yang ramah
6.
Semut
merah itu berusaha naik keatas daun melawan gelombang yang besar. Berkat
ketabahannya, ia dapat mencapai permukaan daun itu dan berpegangan kuat-kuat di
sana.
Cerita diatas mengungkapkan pesan ….
a.
Mengerjakan
sesuatu sebaiknya disertai dengan semangat
b.
Disertai
dengan ketabahan, keberhasilan akan sulit dicapai
c.
Ikhlas dan
tabah adalah salah satu jalan menuju kesuksesan
d.
Dengan usaha
sungguh-sungguh, keberhasilan dapat dicapai
7.
Banjir
kembali melanda Jakarta. Seminggu yang lalu hujan baru saja turun. Akan tetapi,
sudah menenggelamkan Kota Jakarta. Peristiwa yang sudah pernah terjadi, tidak
dijadikan pelajaran baik bagi warga maupun pemerintah. Setiap tahun mereka
harus mengungsi.
Isi informasi kutipan bacaan tersebut
adalah ….
a.
Penduduk
Jakarta mengungsi lagi
b.
Pemerintah
tidak bias menangani banjir
c.
Hujan deras
selama seminggu
d.
Banjir melanda
Jakarta lagi
8.
Perilaku
boros dalam mengkonsumsi listrik harus diakhiri agar laju konsumsi listrik
dapat diredam. Sebab, melonjaknya harga energi di pasar global telah
membengkakkan subsidi listrik yang harus disediakan negara. Pemborosan listrik
termasuk perilaku tidak terpuji.
Informasi penting dari paragraf tersebut
adalah ….
a.
subsidi
listrik yang harus disediakan negara membengkak
b.
perilaku boros
dalam mengonsumsi listrik harus diakhiri
c.
pemborosan
termasuk perilaku tidak terpuji
d.
harga energi
dipasar global melonjak
9.
Sebelum
menanggapi isi berita / informasi, kita harus dapat ….
a.
mencatat
pokok-pokok informasi
b.
mengabaikan
pesan informasi
c.
melewatkan
pokok informasi
d.
merubah
pokok-pokok informasi
10.
Kritikan yang
baik terdapat dalam kalimat ….
a.
Menurut saya,
hasil kerjamu ini sudah lumayan bagus ! Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu
mau mengulangnya lagi.
b.
Ah, lukisanmu
ini belum pantas diikutkan lomba berskala nasional! Sebaiknya, kamu ikut tahun
depan aja
c.
Ya, untuk kali
ini saya menilai pekerjaanmu cukup, tetapi kamu harus ingat pekerjaan seperti
ini belum layak
d.
Sepertinya
kamu masih banyak kekurangan jika dilihat dari hasil kerjamu yang seperti ini,
masih jauh dari harapan.
11.
Kalimat
kritikan berikut yang tepat adalah ….
a.
Kiki, sejak
kapan kukumu tidak dipotong? Panjang dan kotor sekali kuku-kukumu itu.
b.
Kiki, panjang
dan kotor sekali kukumu! Kalau tidak segera dipotong akan menjadi sarang
penyakit.
c.
Kiki, Bagus
sekali kukumu itu! Panjang dan sangatlah terawat dengan baik.
d.
Kiki, kapan
kamu akan potong kuku? Kalau kamu potong kuku aku juga akan potong kuku.
12.
Felicia
seringkali kesulitan menuliskan ide-ide yang ada dalam pikirannya ke dalam
bentuk karangan.
Saran yang tepat untuk permasalahan
tersebut adalah ….
a.
Sebaiknya
Felicia meminta orang lain untuk menuliskan karangannya
b.
Sebaiknya
Felicia tidak usah menulis karangan tersebut
c.
Sebaiknya
Felicia ke toko untuk membeli buku pelajaran
d.
Sebaiknya
Felicia lebih rajin belajar menulis dan minta bimbingan guru
13.
Hal-hal yang
harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan yaitu ….
a.
Waktu, hasil,
pelapor, tempat, objek, nilai
b.
Judul, tempat,
objek, waktu, hasil, pelapor
c.
Tempat, waktu,
hasil, objek, judul, wawancara
d.
Objek, waktu,
hasil, pelapor, tanda tangan orangtua
14.
Hasil
pengamatan :
1. Seluruh kelas
atau semua siswa mengikuti upacara
2. Siswa yang
terlambat tidak diperbolehkan masuk kedalam barisan
3. Ada lima anak
laki-laki yang berbaris terpisah karena datang terlambat
4.
Seluruh
siswa mengenakan seragam lengkap
Laporan
pengamatan di atas berisi tentang ….
a.
Kedisiplinan
siswa dalam mengikuti upacara
b.
Kedisiplinan siswa
saat akan memasuki kelas
c.
Saat berbaris,
ada lima anak berbaris terpisah
d.
Seluruh siswa
mengenakan seragam lengkap
15.
Memberikan saran
terhadap laporan hasil pengamatan harus disertai ….
a.
Tanda tangan c. Alasan yang tepat
b.
Judul laporan d. Kartu tanda pengenal
Rubrik untuk menjawab soal no 16 dan
17.
Kampung
yang Go Green
Warga Adat Dukuh terkenal sangat
menghormati aturan adat. Aturan adat mengharuskan mereka hidup sederhana dan
dengan cara tradisional. Mereka percaya bahwa aturan itu dibuat demi kebaikan
mereka. Mereka juga menghormati ketua adat.
16.
Pokok pikiran
yang tertera pada teks tersebut adalah ….
a.
Warga Adat
Dukuh terkenal sangat menghormati aturan adat
b.
Mereka percaya
aturan itu dibuat demi kebaikan mereka
c.
Mereka juga
sangat menghormati ketua adat Dukuh
d.
Mereka hidup
sederhana dan dengan cara tradisional
17.
Tanggapan yang
tepat terhadap rubrik di atas adalah ….
a.
Kehidupan
warga Adat Dukuh sudah ketinggalan zaman dan terlalu kuno
b.
Kehidupan
warga Adat Dukuh tergantung kepada ketua adat dan lingkungan
c.
Kehidupan
warganya masih sangat memprihatinkan karena belum ada teknologi
d.
Kehidupan
warganya patut kita tiru, meskipun hidup sederhana tetap menjaga aturan
18.
Siswa
kelas VI sangat senang jika dalam pembelajaran IPA selalu menggunakan alat
peraga sebagai contoh nyata. Seperti, materi tentang Perubahan wujud benda,
sebagian siswa ada yang membawa benda yang terbuat dari logam, kayu, bahkan ada
yang membawa makanan untuk dijadikan bahan praktik.
Tanggapan siswa yang tepat pada teks
bacaan di atas adalah ….
a.
Siswa sangat
senang jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga
b.
Siswa
biasa-biasa saja jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga
c.
Siswa kurang
senang jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga
d.
Siswa sangat
senang jika dalam pembelajaran IPA tidak memakai alat peraga
19.
Mengirim uang
selain melalui bank, dapat melalui ....
a.
daftar riwayat
hidup c. kartu tabungan
b.
wesel pos d. kartu pos
20.
Formulir yang
berisi tentang data diri seseorang secara lengkap disebut ....
a.
daftar riwayat
hidup c. kartu pos
b. wesel pos d. kartu undangan