IDBlogportal
|
Profil G+ Profil Facebook Profil twitter profil Youtube rss feed comment feed

BATU GINJAL

Written By ecoracing on Kamis, 20 November 2014 | 04.58

Batu Ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang terkait dengan saluran air kencing atau saluran kandung kemih. Batu ginjal terbentuk oleh menumpuknya senyawa kalsium fosfat atau kalsium oksalat. Batu ginjal mudah terbentuk pada kondisi urine bersifat basa atau alkali.
Batu Ginjal adalah batu-batu kecil yang terbentuk di dalam ginjal dan bergerak turun ke dalam pipa kemih (ureter). Batu-batu ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang menusuk pada bagian punggung bawah, saluran air seni atau perut bagian bawah. Di dalam kandung kemih batu-batu tersebut dapat menyumbat saluran air seni atau perut sebelah bawah.

Penyebab Batu Ginjal :

  1. Batu Ginjal dapat terjadi oleh beberapa hal, yaitu : kurang minum sehingga menyebabkan sistem metabolisme tubuh tidak berjalan maksimal. Cairan yang dibutuhkan untuk menggelontor berbagai racun di dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini mengakibatkan urin mengalami kondensasi sehingga membentuk butiran seperti batu yang disebut dengan batu ginjal.
  2. Produksi asam urat di dalam darah terlalu berlebihan
  3. Adanya infeksi yang terjadi di dalam ginjal akan mempermudah munculnya batu ginjal.
  4. Faktor genetik. Jika ditemukan salah satu anggota keluarga menderita batu ginjal, hampir dimungkinkan keturunannya berpotensi mengalami batu ginjal.
  5. Makanan yang dipantang : Kacang, Bayam, Soybean Crackers, Kelembak, Cokelat, Kentang Manis

Beberapa tanda terkena Baju Ginjal :

  1. Keluhan pertama yang dirasakan adalah rasa sakit yang amat tajam / hebat pada punggung bagian bawah, pinggang atau perut bagian bawah, atau khusus pada laki-laki di pangkal alat kelamin.
  2. Kadang-kadang saluran air kencing tersumbat sehingga penderita sukar buang air kecil, atau tidak dapat melakukannya sama sekali. Darah menetes keluar ketika penderita mulai buang air kecil.
  3. Infeksi sistem air kencing dapat terjadi secara bersamaan

Tindakan untuk penderita Batu Ginjal

  1. Minumlah air yang banyak
  2. Jika penderita tidak membaik dengan minum air atau jika penderita mengalami panas, ia harus minum pil sulfonamid, ampicillin, atau tetracicline.
  3. Berikan juga aspirin atau obat penghilang rasa sakit lain dan antispasmodik
  4. Cobalah kencing dalam keadaan berbaring. Tindakan ini kadang kala membuat batu dalam kandung air kencing bergulir ke belakang dan melepaskan sumbatan pada mulut lubang yang menuju saluran air kencing.
  5. Pada kasus berat, mintalah pertolngan dokter. Ada kalanya diperlukan operasi (pembedahan).

Pengobatan Batu Ginjal dengan herbal :

Resep Pertama :
4 tongkol Jagung muda, 1 genggam rambut Jagung, 8 helai daun Keji Beling segar, 1 gelas air
Cara membuatnya :
Cuci semua bahan dan rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum selama 14 hari berturut-turut. Setelah batu keluar, apakah berupa butiran maupun buih, maka pengobatan harus dihentikan.
Dan dilanjutkan dengan membuat :
Bahannya : 30 gr daun Meniran segar, 30 gr daun Kumis Kucing segar, 1 gelas air mendidih,
Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, seduh kedua bahan tadi. Biarkan sampai dingin, saring dan minum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut
Resep Kedua :
15 gr daun Sukun kering, + 1 gelas air mendidih, madu atau gula batu secukupnya.
Cara membuat :
Seduh bahan tersebut diatas, gunakan periuk tanah atau panci kaca. Saring, setelah dingin dan bila perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari. Selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang makan sayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung.

Obat Herba batu ginjal di sini
Share this post :

 
Copyright © 2011. TIPS CANTIK, BUGAR, DAN SEHAT - All Rights Reserved - Theme by Creating Website - Design by Etanal